Selasa, 18 Maret 2014

Masalah Ekonomi


KATA PENGANTAR

 

            Segala Puji dan Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa Karena atas berkat dan rahmat-Nya kami Dapat menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan-Nya mungkin kami tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik.

            Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas Teori Ekonomi Mikro 1” yang diajar oleh Dra. Yulita Pujiharti, M.Kes. Makalah ini kami susun dengan sungguh-sungguh. Banyak rintangan yang kami lewati, Baik itu yang datang dari diri kami sendiri maupun yaang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan pertolongan dari Tuhan akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.

           Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang bermanfaat. Kami menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan, oleh karena itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Dan semoga dengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi kami dan teman-teman. Amin.

 

 

 

                                                                                                            Malang, 20-3-2012

 

 

                                                                                                                                Penulis

 

 

DAFTAR ISI

 

Kata Pengantar..........................................................................................................

Daftar Isi....................................................................................................................

BAB  I  PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang...................................................................................

B.   Rumusan Masalah..............................................................................

              C. Tujuan.....................................................................................................

BAB  II  PEMBAHASAN

                            A.    Tiga Masalah Pokok Perekonomi....................................................................

                            B.    Membentuk kurva batas kemungkinan produksi...................................

                            C.    Pengangguran dan kelesuan Pertumbuhan ekonomi……………………………….  

                            D.    Kurva kemungkinan produksi dan masalah ekonomi……………………………….  

                            E.    Sistem-sistem Perekonomian………………………………………………………………….. 

BAB  III PENUTUP

A.      Kesimpulan …………………………………………………………………………………………………

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar belakang

Ilmu ekonomi mikro adalah hasil proses pengembangan ilmu ekonomi yang di kembangkan oleh para ahli-ahli ekonomi yang berfikir perlunya suatu pengembangan dari proses ekonomi. Mereka berfikir dengan adanya perubahan zaman maka kebutuhan dan masalah-masalah ekonomi pun akan berubah menjadi lebih banyak lagi. Masalah-masalah yang timbul di kalang masyarakat tidak terhitung jumlahnya namun para ahli dapat mengkategorikan masalah-masalah itu. Ekonomi mikro adalah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari proses alokasi sumber daya oleh unit keputusan individu / pasar & efisiensip engalokasian sumber daya tersebut dipelajari di dalam ilmu ekonomi adalah masalah kelangkaan.

 

B.      Rumusan Masalah

1.      Masalah-masalah pokok ekonomi apa saja yang ada di masyarakat?

2.      Seperti apakah pengandaian dalam proses produksi?

3.      Sistem apakah yang telah dan sedang di gunakan oleh berbagai negara?

 

  1. Tujuan Penulisan

1.    Untuk mengetahui masalah-masalah pokok yang muncul dalam perekonomian di masyarakat.

2.      Untuk mengetahui batas dan pengandaian tingkat produksi.

3.      Untuk mengetahui sistem-sistem perekonomian yang telah dan sedang digunakan oleh berbagai negara.

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

A.     TIGA MASALAH POKOK PEREKONOMIAN

Setiap masyarakat menghadapi dan mengatasi masalah-masalah ekonomi tersebut dengan cara yang berbeda. Adalah bermanfaat untuk mengetahui secara kasar berbagai caranya masyarakat mengatasi masalah ekonomi mereka.

1.      BEBERAPA MASALAH POKOK DALAM PEREKONOMIAN

Berdasarkan kepada corak analisis dalam ilmu ekonomi, ahli-ahli ekonomi telah dapat membagikan berbagai masalah ekonomi yang dihadapi suatu masyarakat kepada 3 persoalan pokok, yaitu:

1.      Apakah barang dan jasa yang harus diproduksi ?

Barang dan jasa yang dihasilkan dalam suatau perekonomian sangat banyak jenisnya, yaitu dari barang yang sangat sederhana (misalnya: beras dan tape) kepada barang yang sangat kompelks (misalnya: kapal terbang) . setiap tahun suatu perekonomian harus menentukan jenis-jenis barang yang diperlukan oleh masyarakat dan jumlah produksi dari barang dan jasa tersebut.

2.      Bagaimanakah caranya memproduksi barang dan jasa tersebut ?

Adanya beberapa kemungkinan untuk menghasilkan suatau barang dapat dengan jelas dilihat misalnya dalam kegiatan pertanian. Dalam sector pertanian, sejumlah produksi tertentu dapat dihasilkan dengan menggunakan tanah yang luas.karena dalam memproduksi suatu barang dan jasa harus mempertimbangkan masalah efisiensi karena merupakan salah satu factor yang akan dijadikan dasar dalam melakukan pemilahan suatu barang dan jasa.

3.      Untuk siapakah barang dan jasa tersebut diproduksi ?

Untuk keseluruhan masyarakat didistribusikan kepada berbagai golongan dan individu dalam masyarakat.

2.      BATAS KEMUNGKINAN PRODUKSI

Suatu perekonomian . grafik yang dimaksud adalah batas kemungkinan produksi atau kurva kemungkinan produksi atau suatu grafik yang menunjukan batas maksimum dari tingkat produksi yang dapat dicapai oleh suatu masyarakat dengan menggunakan seluruh factor-faktor produksi yang dimilikinya.

Batas kemungkinan produksi dalam angka yaitu: menentukan batas kemungkinan produksi dan kurva kemungkinan produksi. Yang pertama ialah membuat beberapa pemisalan atau asumsi mengenai keadaan yang berlaku dalam perekonomian. Yang kedua adalah membuat contoh angka mngenai tingkat produksi yang akan dicapai.

 

3.      TINGKAT PRODUKSI YANG DAPAT DICAPAI

TABEL 3.1

GABUNGAN FAKTOR PRODUKSI
BARANG INDUSTRI (UNIT)
BARANG PERTANIAN (UNIT)
A
B
C
D
E
F
0
5
9
12
14
15
5
4
3
2
1
0

 

Berdasarkan pemislan diatas sekarang telah dapat ditunjukan suatu gambaran hipotesis mengenai gabungan barang industri dan pertanian yang mungkin dihasilkan olehberbagai gabungan factor-faktor produksi yang digunakan.

 

B.      MEMBENTUK KURVA BATAS KEMUNGKINAN PRODUKSI

Gambar 3.1 Kurva kemungkinan Produksi


                             Barang Industri    

Sekiranya perekonomian itu menginginkan lebih banyak barang industri maka untuk memenuhinya produksi barang pertanian harus dikurangi. Dan sebaliknya , sekiranya diinginkan lebih banyak barang pertanaian, produksi barang industry harus dikurangi.

Dalam gambar 3.1, sumbu tegak menunjukan nilai produksi barang pertanian dan sumbu datar menunjukan nilai produksi barang industri. Setiap titik pada kurva ABCDF menggambarkan gabungan produksi barang pertanian dan barang industri yang akan diproduksikan apabila faktor-faktor produksi sepenuhnya digunakan.

C.      PENGANGGURAN DAN KELESUAN PERTUMBUHAN EKONOMI

Pengangguran

Apabila tenaga kerja yang menganggur dan faktor-faktor produksi lainnya tidak digunakan sepenuhnya, maka gabungan barang-barang yang diproduksi tidak akan dicapai gabungan yang maksimum.

Penghambuaran

            Pegawai –pegawai kantor tidak dapat menjadi petani yang baik.dengan demikian menempatkan pekerja-pekerja yang tidak sesuai dengan keahlian mereka menimbulkan inefisiensi dalam penggunaaan factor-faktor produksi tidak dapat mencapai tingkat maksimum. Keadaan seperti itu dapat dipandang sebagai penghamburan dalam menggunakan factor-faktor produksi

Pertumbuhan Ekonomi

            Dalam jangka panjang dua factor penting berikut dapat meningkatkan kemampuan suatu masyarakat untuk memproduksi barang : pertambahan dalam factor-faktor produksi, kemajuan teknologi.kedua factor ini meningkatkan potensi pertumbuhan suatu Negara.

Gambar 3.2

Pengangguran, penghamburan dan keadaan yang tidak tercapai


 

 

D.     KURVA KEMUNGKINAN PRODUKSI DAN MASALAH EKONOMI

Analisis berikut akan menggunakan kurva batas kemungkinan produksi untuk meerangkan masing-masing masalah berikut:

-          Memilih barang yang harus diproduksi

Dalam hal ini masalah ini perlu digunakan pemisalan-pemisalan dalam membuat kurva kemungkinan produksi yaitu :

1.      Factor-faktor produksi sepenuhnya digunakan

2.      Factor-faktor produksi  tetap jumlahnya

3.      Teknologi tidak mengalami perubahan

4.      Hanya 2 macam barang produksi

5.      Biaya kesempatan semakin meningkat

-          Masalah pengganguran

Salah satu masalah penting yang dihadapi perekonomian ialah pengangguran.wujudnya masalah ini dapat ditunjukan dengan menggunakan Gambar 3.6. kurva AB misalnya sebagai kurva kemungkinan produksi suatu Negara pada suatau waktu tertentu. Pada waktu kurva kemungkinan produksi ditunjukan titik AB , tingkat produksi yang dicapai masyarakat adalah seperti yang ditunjukan oleh titik C. berarti pengangguran factor-faktor produksi berlaku.

GAMBAR 3.6 : MASALAH PENGANGGURAN


-          Masalah pertumbuhan ekonomi.

Dalam gambar 3.7 dimisalkan pada mulanya kurva kemungkinan produksi adalah AB. Pertambahan factor-faktor produksi dan perkembangan teknologi memindahkan kurva tersebut menjadi PQ. Perubahan itu bearti pada masa perekonomian dapat memproduksikan barang lebih banyak dari periode sebelumnya. Dalam gambar 3.7 keadaan yang ideal ini digambarkan sebagai pergerakan dari satu titik pada kurva AB ke satu titik pada kurva PQ. Keadaan seperti ini antara lain ditunjukan oleh pergerakan dari titik R ke titik S.

 

GAMBAR 3.7

Kurva masalah ketidakteguhan pertumbuhan ekonomi


 

 

  1. SISTEM-SISTEM PEREKONOMIAN

Berbagai perekonomian yang ada didunia ini diorganisasikan secara berbeda-beda. Bentuk organisasi perekonomian tersebut sangat diperbaruhi oleh nilai-nilai kebudayaan. Bahwa secara garis besar organisasi perekonomian yang pernah atau dipraktekan diberbagai Negara dapat dibedakan menjadi tiga bentuk: sistem pasar bebas, sistem ekonomi campuran, sistemekonomi perencanaan pusat.

 

a.      Sistem pasar bebas

Dalam teori ekonomi dan dalam keadaan sebenarnya sistem pasar bebas merupakan sistem ekonomi yang paling ideal. Oleh sebab itu pada masa ini semakin banyak Negara yang melaksanakan sistem ini dengan sebaik-baiknya.

b.      Sistem ekonomi campuran

Dalam sistem ini mendorong pemerintah untuk melakukan campur tangan dalam perekonomian . dan terdapat peranan campur tangan pemerintah dalam perekonomian dapat dibedakan menjadi tiga bentuk. Yang pertama adalah berupa peraturan-peraturan yang bertujuan untuk mengatur dan mengawasi kegiatan ekonomi agar mereka dijalankan dalam norma-norma yang wajar, yang kedua adalah berupa secara langsung melakukan kegiatan-kegiatan ekonomi, yang ketiga adalah dengan melaksanakan kebijakan fiscal dan kebijakan moneter dengan tujuan agar perekonomian dapat berkembang dengan pesat.

c.       Sistem ekonomi perencanaan pusat

Sistem ini dipraktekan dinegara-negara komunis yang wujud hingga awal tahun 1990an ia merupakan sistem ekonomi dimana pemerintah sepenuh-penuhnya menentukan corak kegiatan ekonomi yang akan dilakukan. Sistem ekonomi perencanaan pusat wujud sebagai akibat keyakinan yang sangat berbeda dengan ideologi  yang menjadi landasan kepada sistem mekanisme pasar.

 

 

 

 

BAB  III

PENUTUP

Kesimpulan

Dalam proses perekonomian banyak masalah yang timbul baik dalam kegiatan ekonomi klasik maupun ekonomi modern. Para ahli –ahli ekonomi telah mengatakan bahwa pada umumnya masyarakat di permasalahkan oleh masalah Apakah barang dan jasa yang harus di produksi?, Bagaimana Caranya memproduksi barang dan jasa tersebut?, Untuk siapa barang dan jasa tersebut diproduksi? . Dalam hal ini para ahli-ahli ekonomi pun telah mengklasifikasi sistem-sistem ekonomi yang terbagi menjadi tiga sistem yaitu sistem bebas, sistem perekonomian terpusat dan sistem ekonomi campuran. Yang masing-masing sistem tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan. Mungkin setiap negara dapat dan bisa menyelesaikan masalah-masalah perekonomian yang ada dengan memahami masalah dan kondisi masyarakat negara tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Mikro Ekonomi teori pengantar/Sadono Sukirno- Ed 1, -21,-jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2005

1 komentar: